Rabu, 10 Agustus 2011

Berpuasa di Tempat Kos

Berpuasa di Tempat Kos - Tidak terasa Bulan Suci Ramadhan kini telah tiba. Bagi kalangan mahasiswa yang kuliah jauh dari tempat tinggalnya, di bulan puasa pasti merasakan sesuatu yang berbeda. Seperti halnya lebaran, bulan puasa rasanya kurang berkesan kalau tidak dilakukan di kampong halaman, dimana ada tradisi yang berbeda dengan suasana di kota.
Mari Berbuka Puasa
Sewaktu di kampung, biasanya kita selalu ke masjid baik untuk berbuka puasa, tarawih, tadarus, bahkan untuk kegiatan lainya yang mungkin hanya sebatas kumpul-kumpul dengan teman. Bahkan banyak tradisi lain yang beda di setiap daerah yang mengesankan, seperti jalan-jalan sehabis shalat subuh ataupun parade keliling kampong untuk membangunkan warga agar menunaikan sahur dengan alat sejenis kentongan.

Saat berada di tempat kos, maka kita serasa kehilangan tradisi tersebut, karena kita belum tentu dapat menemuinya di tempat sekarang. Untuk sekedar mengingatkan suasana seperti itu, maka kita bisa melakukan hal-hal yang sekiranya mirip dengan tradisi di tempat kita, semisal berbuka puasa bersama, shalat tarawih, sekalian tadarus di masjid dekat tempat kos kita. Selain itu, kita juga bisa ngabuburit bareng teman-teman ataupun melakukan hal lainnya di masid terdekat untuk sekedar menunggu berbuka puasa, maupun kegiatan lain yang bermanfaat.

Suasana bulan buasa di tempat kos memang tidak bisa mirip dengan tradisi di kampung, namun paling tidak dengan melakukan hal yang sekiranya mirip tersebut, bisa mengobati suasana bulan puasa kita, agar seperti berada di kampong sendiri. 


Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan pembaca berkomentar dengan santun untuk memberikan saran dan masukan kepada kami, terimakasih.