Selasa, 13 Desember 2011

Ilusi Demokrasi Kritik dan otokritik Islam Menyongsong Kembalinya Tata Kehidupan Islam Menurut Amal Madinah

Ilusi Demokrasi Kritik dan otokritik Islam  Menyongsong Kembalinya Tata Kehidupan Islam Menurut Amal Madinah - Buku ini merupakan tulisan dari penulis, Zaim Saidi, yang berusaha untuk membandingkan antara sistem ekonomi di zaman sekarang dengan sistem ekonomi pada zaman Rasulullah SAW. Penulis menjelaskan, bahwa sistem ekonomi pada saat ini, yakni sistem ekonomi kapitalis cukup mendominasi perekonomian manusia. Sistem ekonomi kapitalis merupakan sistem ekonomi tirani, yang menghilangkan kebebasan individual, dan yang terpenting dari sistem ekonomi ini saat ini cukup merebak dan dilestarikan dalam struktur negara fiskal. Para penguasa politik telah terpengaruh secara tidak sadar, dengan mengikuti sistem ekonomi kapitalis ini, baik dari tingkat bawah hingga atas untuk melestarikan kekuasaannya. 


Ilusi Demokrasi Kritik dan otokritik Islam  Menyongsong Kembalinya Tata Kehidupan Islam Menurut Amal Madinah
Ilusi Demokrasi Kritik dan otokritik Islam  Menyongsong Kembalinya Tata Kehidupan Islam Menurut Amal Madinah
Adapun kaitannya dengan sistem ekonomi Islam, penulis menjelaskan sistem ekonomi tersebut, mulai dari sistem ekonomi pada zaman Rasulullah SAW, hingga puncak pembaharuan Islam, yakni Islamisasi ekonomi, dengan produk utamanya yaitu kelahiran perbankan syariah sebagai bentuk akhir dari asimilasi kapitalisme dalam islam. Menurut penulis, islamisasi ekonomi merupakan pembaharuan dari teori riba, dan berakhir dengan pembenaran riba dalam kehidupan sehari-hari, sesuai dengan prinsip syariah.

Selain itu, dalam buku ini juga dijelaskan tentang perkembangan islam di Afrika Selatan, dengan mengikuti strategi modernisme islam, khususnya di Cape Town mulai dari beberapa pendatang yang diasingkan oleh Belanda dari Indonesia ke Afrika Selatan, hingga mereka menyebarluaskan ajaran islam di Afrika Selatan ini. Tidak hanya dari Indonesia saja, dari negara lain seperti India juga banyak yang ikut dalam proses penyebaran agama islam di negara tersebut.

Di Afrika Selatan ini, juga dijelaskan oleh penulis bagaimana pengelolaaan maal khususnya mengenai zakat di Arika Selatan. Menurut saya, sistem pengelolaan zakat di negara tersebut malahan jauh lebih bagus daripada pengeloaan zakat di Indonesia sendiri.

Buku ini sangat cocok buat kalian para pemula, yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang ekonomi islam, maupun yang memang konsen di bidang Ekonomi Islam

Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

0 komentar: