Senin, 25 November 2013

PULANG



Pulang - Sebuah novel karya Leila S. Chudori yang cukup bagus. Pertama membaca, awalnya agak begitu malas untuk melanjutkan, karena selain novelnya yang cukup tebal, juga alurnya agak susah untuk dipahami. Namun, jika kalian menyelesaikan seperempat buku saja, maka kalian akan ketagihan untuk menyelesaikannya, karena di dalamnya sangat kompleks. Penulis memposisikan diri menjadi beberapa peran. Mulai dari seorang Hananto Prawiro, temannya, Dimas Suryo, istrinya seorang warga negara Prancis, Vivienne Deveraux, dan sebagai anaknya, Lintang. Ia memposisikan diri menjadi mereka semua, bersama rekan rekan eksil politik kala itu.
adheb's doc
Novel "PULANG"
Tidak seperti novel-novel lain yang mengisahkan seseorang atau memposisikan diri menjadi salah satu diantara pemain-pemain lainnya. Dan yang paling penting, penulis paham betul sejarah alur pemerintahan Indonesia, mulai dari orde lama, orde baru, sampai reformasi diceritakan dengan apik dan cukup mendetail, terutama di orde baru dan orde reformasi itu. Maklum, background penulis memang seorang wartawan senior di salah satu koran di Indonesia yang cukup terkenal dengan kupasan berita-berita yang cukup mendalam, khususnya di bidang politik dan masalah kenegaraan. Bahkan ia juga menjelaskan keadaan masa itu di dua negara, di Indonesia dan di Prancis. Kurang tahu juga, apakah penulis memang tinggal lama di dua negara ini, ataukah hanya sebentar di Prancis, yang jelas penggambaran situasi di salah satu tempat di sana diceritakan dengan alur yang menarik.

Buat anda yang ingin membacanya. Namun, di sini penulis banyak juga menceritakan adegan ciuman dan ranjang yang sudah biasa dilakukan  oleh orang-orang luar negeri. Gak tau juga, apakah ini khayalan tinggi si penulis, ataukah pengalaman hidupnya. Sebaiknya cari waktu luang, agar bisa membaca dengan tenang, dan tidak terpotong-potong. Yang pasti, jika kalian menghentikan sejenak, untuk aktifitas lain, tidak sabar lagi untuk melanjutkan alur berikutnya. Juga buat kalian yang suka sejarah silahkan mengamati, salah satu sudut dari sejarah perubahan reformasi saat itu.

Selamat membaca kawannn...

Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan pembaca berkomentar dengan santun untuk memberikan saran dan masukan kepada kami, terimakasih.