Jumat, 02 Februari 2018

Mardigu W.P. "Jangan Pernah Berkata Saya Tidak Pernah Memperingatkan Anda"

Mardigu W.P. "Jangan Pernah Berkata Saya Tidak Pernah Memperingatkan Anda" - Ketika pertama kali membaca komentar orang di sosial media mengenai buku ini, tidak tau kenapa saya jadi tertarik untuk membacanya. Langsung saja, saya mencari stok buku tersebut di Jogja. Namun tidak ketemu, hingga akhirnya saya bisa menemukannya secara online. Dan itupun tidak banyak yang (berani) menjualnya. 
adheb's book
Mardigu W.P.
Ini adalah kali pertama saya membaca tulisan Wowik, termasuk kali pertama mendengar orang cemerlang ini. Berhubung baru mengenal, maka saya iseng-iseng googling siapa sih dia sebenarnya. Sekilas, tak banyak yang menjelaskan mengenai profil data dirinya. Hanya penjelasan bahwa beliau adalah seorang bisnisman dan juga berbagai tulisannya yang cukup banyak bertebaran di media online. Di awal saya menyimpulkan bahwa beliau adalah seorang motivator yang juga menjual buku-buku, dan baru paham di akhir, bahwa beliau memang salah satu pebisnis kelas kakap.
Membaca buku ini, kita akan disuguhi dengan berbagai data politik, ekonomi, bahkan data-data mengenai inteligen Indonesia dari sisi yang berbeda Inilah yang saya suka, melihat sisi politik Indonesia, serta melihat elit politik-elit politik yang berkuasa sesungguhnya dari orang yang berbeda, bukan dari media mainstream yang selalu saya kita dan mungkin kalian semua konsumsi sehari-hari. 
Saya sangat suka gaya bahasa beliau, yang mengkritik pemerintah yang dianggap tidak sejalan dengan belaiu, termasuk juga memuji gaya kerja presiden yang pada dasarnya visioner, namun dikelilingi oleh orang-orang yang mempunyai kepentingan politik masing-masing. Beliau menjelaskan data-data tanpa munafik bahwa beliau juga berambisi untuk dapat mengelola binis yang sama. Cara beliau mengomentari permasalahan yang mengusik dirinya sangatlah elegan, dengan tidak hanya menyodorkan kritik-kritik tajam terhadap pemerintah, namun juga disertai dengan saran dan masukan yang sangat komprehensif inilah yang membuat saya terkagum. Tidak sekedar kritik, namun semua itu sudah dipersiapkan sedemikian rupa, bahkan jauh-jauh hari sebelumnya.
Tak terkeculi, gaya bahasa yang sangat mudah dicerna dengan bahasa yang tidak terlalu kaku, tidak terlalu akademis, namun gaya sehari-hari beliau dengan memaparkan data-data bagi kaum yang menururtnya awam membuat kita nyaman membaca. Apalagi data yang terkesan berat beliau jelaskan terlebih dahulu, termasuk runtutan dari sejarahnya walaupun secara singkat, sehingga kita bisa memahaminya secara bertahap.
Inilah buku yang cocok untuk dibaca untuk kita, karena bukan hanya sekedar bicara, namun didukung dengan berbagai sumber, fakta, dan data-data yang dikuasai oleh pemateri secara utuh, sehingga kita seolah-olah seperti membaca laporan, namun dengan gaya bahasa gaul anak muda. Lebih tepat lagi, alineanya mengalir bagaikan bacaan novel yang mudah dicerna dengan berbagai data.
Bagi kalian yang ingin membaca novel mengenai politik pemerintahan, khususnya yang berhubungan dengan masalah bisnis di Indonesia, buku ini bisa dicoba, karena membahas masalah tersebut dari sisi yang berbeda, dan sangat up to date. Semoga dengan membaca buku ini, kalian bisa melihat elit politik pemerintahan Indonesia di luar mainsteam…


Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan pembaca berkomentar dengan santun untuk memberikan saran dan masukan kepada kami, terimakasih.